Apa itu International Virtual Aviation Organisation (IVAO)

3/04/2017
Hasil gambar untuk ivao

IVAO (International Virtual Aviation Organisation) adalah salah satu penyedia layanan online bagi para penggemar game Flight Simulator (FS9, FSX, P3D). Disini para simmers dapat bergabung dan terbang bersama di dalam satu network layaknya penerbangan sebenarnya di dunia nyata. Para simmers akan terbang sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku di dunia penerbangan nyata, dan akan dipandu pula oleh para Air Traffic Controller (ATC).

Berikut adalah panduan bagaimana untuk bisa bermain di dalam IVAO network.

1. Buka http://www.ivao.aero


Baca juga : Tutorial Instal Ivap di P3D

2. Sebelum bisa bermain, anda harus mendaftar terlebih dahulu. Klik Register


3. Bacalah semua peraturan yang terdapat di IVAO , setelah paham klik Continue


4. Selanjutnya isikan data-data anda, seperti nama anda, email , dan jangan lupa pilih “INDONESIA” di kolom country. Anda bisa memilih untuk ber-Simulasi sebagai Pilot, ATC, ataupun keduanya. Pilihan ini dapat anda rubah di kemudian hari, tapi ingat isi semua pilihan nya.

Ikuti saja proses registrasi itu sampai registrasi anda dinyatakan berhasil. Anda akan menerima email konfirmasi yang berisi 3 hal, yaitu VID member dan IVAN Password (untuk Login Ivap/Ivac) & Website Password (digunakan untuk login pada website IVAO).

5. Step berikutnya, anda harus men download 3 file untuk bisa bermain di IVAO, yaitu Ivap (untuk simulasi pilot) atau Ivac (untuk simulasi ATC), Teamspeak (untuk berkomunikasi di dalam IVAO, include saat menginstal Ivap/Ivac) dan Multi Traffic Library (untuk menampilkan traffic pesawat dari pemain lain). Selain ketiga file ini tidak ada yang perlu anda download lagi untuk memulai bermain di IVAO.



6. Pilih Ivap/Ivac yang sesuai dengan Flight Simulator yang anda miliki.

IVAP untuk Simulasi online sebagai Pilot
IVAC untuk Simulasi online sebagai ATC (Air Traffic Controler)

Baca juga : Tutorial dasar take-off landing pesawat FSX

Untuk Instalasi Ivap, itu sudah akan termasuk penginstalan dan mendownload file yang dibuthkan lagi seperti Teamspeak (untuk berbicara langsung dengan ATC) dan MTL LIbary (untuk traffic), pastikan saat penginstalasian terhubung langsung dengan internet agar dapat mendownload file yang di butuh kan. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berkomentarlah dengan bijak, menggunakan kata-kata yg sopan ConversionConversion EmoticonEmoticon